Rabu, 30 November 2016

Model Pembelajaran


Model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu pola pembelajaran yang sajikan oleh pengajar mulai dari awal sampai akhir pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran dapat menghasilkan lingkungan belajar tertentu sehingga peserta didik dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perubahan tingkahlaku peserta didik secara khusus. Melalui pemahaman berbagai model pembelajaran yang banyak dikembangkan di kelas, seorang pengajar dapat mengembangkan strategi pembelajaran lewat pemikiran sebelum yang bersangkutan berada di kelas. Model pembelajaran dapat membantu pengajar dalam penguasaan kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan upaya mengubah tingkah laku peserta didik sejalan dengan rencana yang telah ditetapkan.

Hal ini berarti model pembelajaran diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Umumnya model pembelajaran yang dikembangkan memiliki berbagai jenis sumber yang secara umum akan membedakan pendekatan yang digunakan dengan sasaran akhirnya adalah perubahan tingkah laku peserta didik. Oleh karena itu, kegunaan model pembelajaran bagi pengajar antara lain membimbing, membantu dalam pengembangan kurikulum, penetapan materi pembelajaran dan peningkatan efektivitas pembelajaran.
Membimbing yang dimaksudkan disini adalah menolong pengajar dalam menentukan apa yang seharusnya dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan. Membantu dalam pengembangan kurikulum berkaitan dengan pemahaman tentang usia peserta didik, sehingga perhatian pengajar di samping pada materi yang akan dikembangkan dalam pembelajaran juga kondisi psikologis yang sejalan dengan usia peserta didik yang dihadapi. Selanjutnya penetapan materi pembelajaran berkaitan dengan macam dan jenis materi yang dipilih dan digunakan pengajar dalam rangka mengubah tingkah laku peserta didik. Melalui pemilihan materi pembelajaran ini kepribadian peserta didik diharapkan dapat terbentuk lewat kebiasaan cara belajar yang dilakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar