Selasa, 14 Maret 2017

Personal Teaching Filosofi (Tria Kurnia)

Nama : Tria Kurnia
NIM (2225150018)

Personal Teaching Filosofi

1.      Mengapa anda menjadi pengajar ?
Karna menjadi seorang pengajar (guru) adalah profesi yang mulia. Dan kebetulan hampir semua keluarga saya  adalah guru (pengajar). Dari semenjak saya SD, cita-cita saya ingin menjadi pengajar ingin menjadi guru. Banyak kesan menarik ketika mengajar, dan bisa berbaur dengan siswa. Menjadi pengajar juga bisa belajar lebih banyak tentang keikhlasan dan kesabaran, ketika mengajar dikelas menghadapi murid yang memiliki karakter yang berbeda. Menjadi seorang pengajar itu pilihan hidup yang mulia, sebuah pengabdian. Apalagi kedua orang tua saya maunya saya jadi guru atau menjadi seorang pengajar. Waktu yang dihabiskan untuk profesi ini tidak terlalu menghabiskan waktu yang sangat banyak tidak seperti profesi lain, hal ini supaya saya ada waktu untuk keluarga. Apalagi ketika saya telah menikah dan menjadi seorang ibu saya bisa membagi waktu untuk bekerja dan mengurus rumah serta anak dan suami.

2.      Bagaimana anda mengajar ?
Saya ingin mengajar dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi  Siswa dimana keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh kemampuan metakognisinya dan siswa mampu menjelaskan haasil dari pemikirannya terkait materi yang sudah dipelajari. Saya juga ingin merubah fikiran siswa yang kebanyakan berfikir bahwa guru matematika itu killer dan pelajaran matematika itu membosankan, sulit dimengerti, dll. Saya akan memberi permainan, alat peraga, media pembelajaran dan sesekali belajar berkrlompok agar belajar tidak membosankan. Memberi stimulus positif bisa dengan pujian ketika siswa melakukan hal yang positif dan memberi stimulus negative bisa berupa hukuman atau teguran ketika siswa melakukan hal yang negative.

3.      Mengapa anda mengajar ?
Karna saya senang jika berbagi ilmu dan sangat senang jika saya berhasil mengajar dimana seseorang yang saya ajari itu menjadi bisa. Saya mengajar karna memang profesi ini yang saya pilih. Mengajar juga bisa mengasah kemampuan diri sendiri dalam hal IQ, EQ, dan SQ, dengan menjadi seorang pengajar itu dituntut untuk terus belajar dan belajar. Karena dalam mengajar itu harus menjadi pribadi yang cerdas.

4.      Bagaimana anak belajar ?
Anak belajar harus tanpa rasa tertekan, atau keterpaksaan. Anak memiliki rasa ingin tahu terkait materi yang akan dipelajari. Mereka senang dengan pelajarannya, mereka mengerti dengan apa yang di ajari. Siswa merespon pelajaran dengan baik.

5.      Apa tujuan anda mengajar ?
Tujuan saya mengajar selain untuk mencari penghasilan, saya juga ingin berbagi ilmu supaya pendidikan yang selama ini saya tempuh bisa bermanfaat. Berbagi pengetahuan, pemahaman, dan  penerapannya. Agar ada perubahan diri siswa dari yang tidak bisa menjadi bisa dari yang tidak tahu menjadi tahu. Menjalankan kewajiban moral yang diimplementasikan dengan jalan mengajar. Membantu seseorang agar bisa keluar dari belenggu kebodohan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar