Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Adapun
pengertian-pengertian atau definisi pendidikan menurut pakar dibidangnya antara
lain:
4. Prof. Herman H. Horn: Beliau berpendapat bahwa
pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang
telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan
seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan
dari manusia.
5. Driyarkara: Pendidikan diartikan sebagai suatu
upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf
yang insani.
6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Pendidikan yaitu
sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan
pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan
yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu
memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang
diperolehnya.
7. Ki Hajar Dewantara: Menurutnya pendidikan adalah suatu
tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan
menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai
manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup
yang setinggi-tingginya.
8. Stella van Petten Henderson: Pendidikan yaitu
suatu kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan
sosial.
9. Kohnstamm dan Gunning: Pendidikan merupakan
suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu proses
pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.
10. Horne: Menyatakan bahwa pendidikan
adalah proses yang dilakukan secara terus menerus dari penyesuaian yang
lebih tinggi bagi manusia yang telah berkembang secara fisik dan mentalnya.
11. Frederick J. Mc Donald: mengemukakan
pendapatnya bahwa pendidikan ialah suatu proses yang arah tujuannya adalah
merubah tabiat manusia atau peserta didik.
12. Ahmad D. Marimba: Mengemukakan bahwa pendidikan
ialah suatu proses bimbingan yang dilaksanakan secara sadar oleh pendidik
terhadap suatu proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, yang
tujuannya agar kepribadian peserta didik terbetuk dengan sangat unggul.
Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yaitu pribadi yang tidak
hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan tetapi baik juga secara
karakter.
13. Carter V. Good: Mengartikan pendidikan sebagai
suatu proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku
yang berlaku dalam masyarakat. Proses dimana seseorang dipengaruhi oleh
lingkungan yang terpimpin khususnya didalam lingkungan sekolah sehingga dapat
mencapai kecakapan sosial dan dapat mengembangkan kepribadiannya.
14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia: Menjelaskan
mengenai pendidikan, yaitu sebagai proses membimbing manusia atau anak didik
dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, dan kecerdasan pengetahuan.
15. UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003: Pendidikan
merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mampu mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri,
berakhlak mulia, kecerdasan,dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya
dan masyarakat.
Dari beberapa pengertian tersebut tentang definisi pendidikan, maka dapat
disimpulkan bahwa pendidikan ialah bimbingan yang diberikan kepada anak dalam
masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk mencapai tingkat kedewasaan dan
bertjuan untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk karakter diri, dan
mengarahkan anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan juga bisa
diartikan sebagai usaha sadar yang bertujuan untuk menyiapkan peserta didik
dalam belajar melalui suatu kegiatan pengajaran, bimbingan dan latihan demi
peranannya dimasa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar