Minggu, 09 Oktober 2016

Aksiologi

Aksiologi Ilmu Psikologi

Ilmu ini dalam ranah ontologinya merupakan ilmu yang bebas nilai. Demikian juga dalam ranah epistemologinya, ilmu ini kadang bebas nilai, kadang terikat nilai. Namun dalam ranah aksiologinya ilmu ini terikat nilai. Hal itu dikarenakan, dalam penerapannya manusia selalu memandang baik dan buruk. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa dalam aksiologi ilmu ini masih terikat nilai.
Setiap ilmu pastilah bermanfaat bagi manusia. Karena fungsi ilmu adalah berguna atau bernilai guna bagi manusia. Tanpa adanya manfaat bagi manusia, maka ilmu tersebut eksistensinya perlu dipertanyakan lagi. Demikian juga ilmu psikologi yang merupakan ilmu yang membahas perilaku dan potensi manusia. Ilmu psikologi ini mempunyai beberapa manfaat atau nilai guna bagi manusia, antara lain:
  1. Bernilai guna untuk mengetahui kejiwaan seseorang baik yang jiwanya sehat atau yang dalam keadaan terganggu/ sakit
  2. Bernilai guna untuk mengenal perilaku setiap orang yang terdapat di masyarakat
  3. Bernilai guna untuk mengetahui tingkat kecerdasan atau intelegensi manusia yang jelas mempunyai perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya
  4. Bernilai guna untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh setiap orang
  5. Bernilai guna untuk mengetahui minat seseorang
  6. Bernilai guna untuk mengetahui daya ketrampilan seseorang
  7. Bernilai guna untuk mengetahui tahap-tahap perkembangan manusia mulai masa pre-natal hingga adolosense
Maka dari itu, hendaklah manusia berusaha untuk memanfaatkan ilmu sebaik-baiknya demi kesejahteraan dan kebahagiaannya. Janganlah memanfaatkan ilmu dalam hal-hal yang menyimpang atau untuk tindak kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar