Kamis, 01 Desember 2016

Implementasi Mahasiswa Terhadap Nilai-Nilai Pancasila


 Implementasi Mahasiswa Terhadap Nilai-Nilai Pancasila


1.      Ketuhanan yang Maha Esa
a.   Di dalam kampus jam – jam untuk kuliah sudah diatur sedemikian rupa sehingga, jam kuliah tidak mengganggu jam untuk beribadah.
b.   Mahasiswa baru tadarusan bersama ketika OSPEK
c.   Setiap mahasiswa baru yang beragama Islam diwajibkan mengikuti kegiatan Lingkar Studi Pekanan (LSP) PAI
d.  Adanya LDK Baabussalam sebagai UKM sebagai wadah bagi mahasiswa muslim untuk mengembangkan wawasan Islamiah dan wawasan dalam berorganisasi.

2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
Contohnya di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mahasiswanya terdiri dari berbagai macam latarbelakang budaya agama, ras dan suku bangsa, tetapi dalam perbedaan itu, mereka bersatu dalam kebersamaan. Disini tidak ada suatu pembedaan antara orang per orang,  yang penerimaan mahasiswanya dibuka melalui beberapa jalur, tetapi semua diperlakukan sama. Entah itu yang masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Bidik Misi, UM

3.      Makna Sila Persatuan Indonesia
      Di Jurusan Matematika ada IKA HIMATIKA melalui organisasi kemahasiswaannya mereka membentuk suatu perkumpulan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu bukti ada sikap dan upaya untuk memjalin rasa kebersamaan diantara para mahasiswa sebagai bagian dari pemuda Indonesia.

4.      Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijakanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
          Permusyawaratan diusahakan agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang diambil secara bulat. Apabila pengambilan keputusan secara bulat itu tidak bisa tercapai, baru diadakan pemungutan suara.
         Disini mahasiwa sering menerapkan suatu kebiasaan untuk melakukan musyawarah dan diskusi bersama dengan berbagai hal. Dari hal ini menunjukkan adanya penerapan sila ke-4 dalam Pancasila.

5.      Makna Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
          Keadilan berarti adanya persamaan dan saling menghargai karya orang lain. Jadi seorang itu bertindak adil apabila orang  memberikan sesuatu orang lain sesuai dengan haknya, misalnya seseorang berhak memperoleh kebebasan untuk memilih, tapi dia dibolehkan bebas memilih, maka perbuatan itu  adil.
         Setiap mahasiswa yang telah memenuhi syarat berhak untuk mengikuti ujian akhir semester dan berhak memperoleh nilai sesuai dengan kemampuannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar