Kamis, 01 Desember 2016

Pemahaman Tentang Makna Nilai Nilai Pancasila

1. Menurut pancasila sila ke 1 : Ketuhanan Yang Maha Esa. tetapi disini masih banyak umat muslim yang melalaikan sholat, jika terdengar adzan berkumandang, segera menunaikan ibadah sholat bagi umat islam. Dan kenyataannya masih banyak juga warga Indonesia yang mengabaikan keadaan lingkungan sekitar, maka harus selalu menjaga lingkungan kampus agar tetap bersih. Dalam memanfaatkan semua yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah manusia harus menyadari, bahwa setiap benda dan makhluk yang ada di sekeliling manusia merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya, harus dirawat agar tidak rusak dan harus memperhatikan kepentingan orang lain dan makhluk-makhluk Tuhan yang lain. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Menurut pancasila sila ke 2 : Kemanusiaan yang adil dan beradab. Banyak orang yang mengutamakan uang sehingga keadilan tidak di nomor satukan, contoh dalam adanya kasus di pengadilan pengacara kadang membela kesalahan. Maka berani membela kebenaran dan keadilan. Mengembangkan sikap tenggang rasa. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaaan. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan saling bekerja sama antar mahasiswa satu dengan yang lain , dalam melaksanakan kerja kelompok atau tugas yang di berikan dosen. Saling membatu antar mahasiswa jika ada salah satu dari teman kita kurang mengerti ttg mata kuliah yg di berikan dosen. Contoh dalam kampus, melalui organisasi kemahasiswaannya mereka membentuk suatu jaringan perkumpulan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu bukti ada sikap dan upaya untuk memjalin rasa kebersamaan diantara para mahasiswa sebagai bagian dari pemuda Indonesia.
3. Menurut pancasila sila ke 3: Persatuan Indonesia. Warga Indonesia sendiri masih ada yang mengindahkan bangsa lain, mengistimewakan keunggulan Negara lain tanpa mengetahui bahwa Indonesia pun memiliki keidahan yang sangan istimewa. Seharusnya kita bisa mencinta akan tanah air. Rela berkorban demi bangsa dan Negara. Berbangsa sebagai bagian dari Indonesia. Setiap mahasiswa berasal dari suku,ras, adat istiadat,bahasa yang berbeda. kita harus saling menghormati, sebagai contoh teman kita ada yang berasal dari pulau madura. maka kita harus menghargai apabila teman kita sedang berbicara dengan menggunakan bahasanya.
4. Menurut pancasila sila ke 4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan keadilan. Ada pemimpin yang egois tidak mau menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah dan tidak mau menerima saran dari orang lain sehingga permasalahanpun sulit di selesaikan. Sebaikknya dan memang seharusnya seorang pemimpin mengutamakan kepentingan Negara dan masyarakat. Tidak memaksa kehendak kepada orang lain. Mengutamakan budaya /musyawarah dalam mengambil keputusan bersama. Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab para pengambil keputusan dalam pengelolaan kelas. Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab mahasiswa. Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemitraan sesama mahasiswa
5. Menurut pancasila sila ke 5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Warga Indonesia masih ada yang tidak mendapat keadilan atas haknya, Menghargai orang lain dan menghormati hak-hak orang lain Menolong sesama. Melakukan pekerjaan yang berguna bagi kepentingan umum dan bersama. Bersikap adil terhadap sesama teman mahasiswa. Melakukan pekerjaan yang berguna bagi kepentingan umum dan bersama. Setiap mahasiswa yang telah memenuhi syarat berhak untuk mengikuti ujian akhir semester dan berhak memperoleh nilai sesuai dengan kemampuannya.
6. Pancasila adalah nilai moral. Oleh karena itu, nilai pancasila juga dapat diwujudkan kedalam norma-norma moral (etik) dalam kalangan mahasiswa dikampus. Sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila harus terus dimaknai secara terbuka dan dinamis, berkembang sesuai dengan konteks kehidupan modern yang penuh dengan tantangan. Sebagai ideologi, Pancasila merupakan konsep yang final dan mapan bagi bangsa kepulauan dengan masyarakat semajemuk Indonesia. Pemaknaan atas Pancasila tentu belum final. Pemaknaan Pancasila terus disesuaikan dengan konteks, berkembang seiring dengan gerak demokrasi yang ada di Indonesia. Setiap generasi dan kelompok masyarakat Indonesia dimungkinkan untuk memberikan makna yang berbeda dan mewujudkannya dalam keragaman yang akseleratif.
7. Karena pancasila adalah sistem kepercayaan atau ideologi yang menentukan bagaimana sesuatu seharusnya. Sebagai sumber nilai dan norma, Pancasila kemudian menjadi peraturan normatif masyarakat tetapi pancasila tidak seharusnya dianggap sebagai ideologi mengaburkan makna yang lebih kompleks dari konsep ideologi dan peranannya. Pancasila berperan penting bagi kehidupan kampus, dimana harus didasari oleh kehidupan tatanan Negara seperti politik, ekonomi, budaya, hukum dan antar umat beragama. Untuk mencapai tujuan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara maka sebagai mahasiswa yang mempunyai rasa intelektual harus menciptakan perubahan untuk Indonesia agar menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

8. Pancasila itu lima dasar negara Indonesia yangmana itu adalah sumber dari segala sumber hukum.pancasila juga mencerminkan nilai dan pandanganmendasar dan hakiki rakyat indonesia . Pancasila tidak hanya di ucapkan secara lisan saja, akan tetapi pancasila harus diamalkan dalamkehidupan sehari-hari. Agar tidak terjadipenyimpangan-penyimpangan dan tercapaikehidupan masyarakat yang sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar