Rabu, 07 Desember 2016

Manfaat Empati

Manfaat empati:
-            Membuat hidup lebih bahagia
Manfaat empati yang pertama adalah membuat hidup lebih bahagia. Ketika Anda memiliki rasa empati kepada orang lain, Anda akan mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Jika Anda telah memiliki itu, maka dari dalam diri Anda tumbuh rasa belas kasih dan kasih sayang terhadap sesama. Rasa belas kasih dan kasih sayang terhadap sesama akan menjauhkan Anda dari rasa iri, benci, maupun permusuhan kepada orang lain hingga membuat Anda menjadi pribadi yang bijaksana sehingga mampu membuat hidup Anda lebih bahagia.
-         Membuat hidup lebih sehat
Manfaat empati yang kedua adalah membuat hidup lebih sehat. Sebuah study yang diterbitkan dalam Psychological Science menujukkan bahwa emosi positif dan hubungan sosial yang positif mampu meningkatkan kesehatan. Pengamatan yang dilakukan pada peserta penelitian menunjukkan bahwa dengan menumbuhkan emosi positif yang diwujudkan dalam bentuk cinta kasih kepada sesama serta dengan mewujudkan hubungan sosial yang positif para peserta memiliki denyut jantung yang lebih stabil serta terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pada intinya orang yang memiliki empati kepada orang lain dapat merasakan manfaat empati yakni memiliki hidup yang lebih lama dan lebih sehat.
-         Membuat Anda lebih pintar
Manfaat empati berikutnya adalah membuat Anda lebih pintar. Empati akan membuat Anda lebih mudah untuk berhubungan baik dengan orang lain. Untuk mampu berhubungan baik dengan orang lain, Anda harus mampu menyesuaikan diri dengan orang-orang yang berbeda latar belakang pendidikan, sosial maupun ekonominya dengan Anda. Empati akan memudahkan Anda untuk itu, membuat Anda lebih pintar menyesuaikan diri dan juga tentunya membuat kecerdasan emosional Anda semakin meningkat.
-         Menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri Anda
Manfaat empati selanjutnya adalah menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri Anda. Empati akan membuat Anda mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Membuat Anda mampu menempatkan diri Anda dalam situasi dan kondisi orang lain hingga Anda mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain ini akan memunculkan rasa cinta kasih dari dalam diri Anda kepada orang lain.
-         Mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup Anda.
Manfaat empati berikutnya adalah mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup Anda. Empati akan membuat Anda lebih peduli dan mau membantu orang lain. Dengan kata lain empati merupakan kebaikan yang Anda berikan kepada orang lain. Setiap kebaikan yang Anda berikan akan mendapat balasan, baik dari Tuhan maupun dari sesama manusia. Ketika Anda mampu berempati dan berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain juga akan berbuat baik kepada Anda sehingga kehidupan Anda akan dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan yang tidak Anda sangka sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar