Kamis, 01 Desember 2016

Mahasiswa dan Budayanya

MAHASISWA DAN BUDAYA NYA
Idealnya mahasiswa adalah orang pilihan yang menang dalam kompetisi memperebutkan kursi tahta maha yang akan disandang nya selama 4-5 tahun ke depan,jadi dapat kita katakan tidak semua orang bisa menjadi mahasiswa walaupun semua orang berhak untuk mendapatkan gelar tsb.
Dan di dalam dunia perkuliahan lah kita bisa belajar dan menuntut ilmu,kita bisa menikmati fasilitas dan mendapatkan materi-materi ataupun teori-teori akademik yang nantinya mengklasifikasikan kita ke dalam golongan akademisi yang maha tahu dan maha bisa sebagai satu tuntutan yang terbentuk akibat gelar dan lingkungan yang individu tadi terima.
Mahasiswa punya budaya,mahasiswa jelas memiliki budaya yang terbentuk dari lingkungan akademisi,dari mulai ketik-mengetik,ataupun nongkrong menghabiskan uang mingguan hingga bulanan yang diberikan orang tua,budaya tepat waktu karena harus hadir tepat saat jam matakuliah,hingga budaya beretorika…
Itulah budaya mahasiswa,kita adalah orang yang beruntung yang tanpa jerih payah tanpa usaha dan kerja,bisa mendapatkan penghasilan yang pasti setiap minggu/bulannya,mahasiswa ga perlu berfikirkeras bagaimana cara membayar UKT karena sudah ada yang memikirkan itu semua,intinya mahasiswa hanya perlu duduk rapih di kelasnya masing-masing,mengerjakan tugas dan berfikir keras untuk mendapatkan nilai A di setiap mata kuliah.
Wajar bukan banyak orang yang mau kuliah? karena itulah budaya yang di tawarkan didalam proses perkuliahan saat ini,serba instant dan mudah,ini baru budaya yang ada di golongan mahasiswa,lantas  apakah nasib dan kebudayaan golongan lain diluar mahasiswa seindah itu? Golongan yang budaya kesehariannya harus bekerja dengan mesin dan alat-alat berat? Golongan yang budaya kesehariannya harus pergi ke sawah. Siapa yang memberi mereka uang bulanan?

Lalu bagaimana cara si mahasiswa menyesuaikan budaya diluar sana setelah ia lulus dan ada di kehidupan yang nyata,sedangkan ia lahir dengan budaya yang serba instant sedangkan budaya yang ada diluar dunia perkuliahan sudah siap menanti kawan-kawan semua dengan budaya yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar