Minggu, 04 Desember 2016

Kenapa Allah menciptakan manusia?

Kenapa Allah menciptakan manusia?
Kenapa Allah menciptakan manusia? padahal manusia hanya akan merusak, seperti kita ketahui bersama bahwa saat Nabi Adam a.s. diciptakan para malaikat bertanya kenapa manusia diciptakan, padahal mereka hanya akan merusak bumi saja, & Allah SWT menjawab " sesungguhnya aku lebih tahu daripada engakau", disini ane pengen menggali lebih dalam, Kenapa Allah menciptakan manusia? nggak mungkin kan cuma untuk iseng2 aja? bukankah semua ciptaan Allah itu pasti ada faedahnya? jawaban yang pernah ane dapet salah satunya untuk beribadah & bertaqwa pada Allah SWT, saya belum puas dengan jawaban ini, karena tanpa adanya manusia beribadah pun Allah tetap tidak berkurang kemuliaannya & masih tetap Maha Kuasa atas segalanya. Ada pula yang bilang pertanyaan Kenapa Allah mencipta manusia ini adalah pertanyaan yang nggak boleh kita pertanyakan, karena saat malaikat bertanya Allah memberikan jawaban " Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui"....Apa kita harus berhenti disini dan di"paksa" untuk tidak bertanya tentang ini sedangkan dilain pihak kita disuruh beribadah dengan penuh keimanan padahal untuk bisa beribadah dengan khusyuk menurut ane kita mesti tahu kita sedang mengerjakan apa, tujuannya untuk apa.nggak fair kalo kita wajib percaya tanpa diberi penjelasan tentang apa yang kita imani Karena keimananan itu ada di dalam hati & tidak dapat dipaksakan. Jujur hal ini selalu mengganggu pikiran ane waktu shalat.

Ini hanya perbedaan antara robot dan manusia

[1]Kenapa manusia membuat (bukan menciptakan) robot...?

[2] Kenapa Allah menciptakan manusia..?

Jawaban [1]
Karena robot diperintah/dikendalikan (gerakannya, dll) oleh manusia utk apa yg di inginkan oleh si pembuat dan robot tidak bisa berusaha sendiri dan robot tidak mempunyai pegangan utk dirinya melainkan keinginan itu datang dari keinginan si pembuat utk mengingginkan apa yg di inginkannya (manusia/pembuat).

Jawaban [2]
Karena manusia tidak dikendalikan oleh Allah Swt, melainkan Allah Swt Maha Mengetahui apa yg diperbuat manusia dan manusia berusaha sendiri, berdoa saja tanpa berusaha tidak akan mendapatkan apa yg di inginkannya. Dan juga manusia di berikan pedoman utk dirinya agar dirinya (manusia) dari pegangannya itu mendapat petunjuk utk kembali ke diriNya sesuai dari pedoman atau petunjukNya.

Jadi kenapa Allah menciptakan manusia, jawabannya : QS. Al-Baqarah 2:30

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman:"Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar