Pengertian penilaian
rubrik
Rubrik merupakan panduan penilaian yang menggambarkan
kriteria yang diinginkan guru dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil
pekerjaan siswa Rubrik perlu memuat daftar karakteristik
yang diinginkanyang perlu ditunjukkan dalam suatu pekerjaan siswa disertai
dengan panduan untuk mengevaluasi masing-masing karakteristik tersebut.
Rubrik
menurut beberapa pandangan para ahli adalah:
-
Menurut Arens
: “Rubrik adalah Deskripsi terperinci tentang tipe kinerja tertentu dan
kriteria yang akan digunakan untuk menilainya “
-
Menurut Bernie Dodge dan Nancy Pickett : “Rubrik adalah dalah alat skoring untuk
asesmen yang bersifat subjektif, yang didalamnya terdapat satu set kriteria dan
standar yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang akan diases ke anak
didik.”
-
Menurut Nitko : “Rubrik
adalah suatu alat yang berisi seperangkat aturan yang digunakan untuk mengases
kualitas dari performansi/kinerja mahasiswa/ peserta didik ”.
-
Menurut
Heidi Goodrich Andrade : “Rubrik adalah suatu alat penskoran yang terdiri
dari daftar seperangkat kriteria atau apa yang harus dihitung.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar